BUDGET BIAYA ADMINISTRASI

Posted: Juni 3, 2013 in Artikel Ekonomi

A.     PENGERTIAN  

Budget biaya administrasi (Administration Expenses Budget)  adalah budget yang merencanakan secara sistematis  dan lebih terperinci tentang Biaya administrasi  yang ditanggung perushaan dari waktu ke waktu ( selama periode tertentu yang akan datang.  Biaya Administrasi adalah semua biaya yang terdapat serta terjadi di dalam lingkungan Bagian (kantor) Administrasi Umum termasuk subbagian-subbagian yang ada di bawah Bagian administrasi Umum, misala Suba bagian Kesekretariatan, Subbagian Akuntansi, Sub bagian Rumah Tangga, Subbagian Perlengkapan dan Subbagian Humas.

B.     KEGUNAAN BUDGET BIAYA ADMINISTRASI

Secara umum mempunyai Tiga Kegunaan pokok (sebagai kegunaan Manajerial) yaitu :

1.      sebagai pedoman kerja,

2.      sebagai alat manajemen untuk menciptakan koordinasi kerja,

3.      sebagai alat manajemen untuk melakukan evaluasi atau pengawasan kerja.

Secara khusus mempunyai kegunaan antara lain Sebagai dasar untuk menyusun budget kas karena sebagian dari biaya administrasi memerlukan  pembayaran atau pengeluaran kas. Sedangkan sebagian lain dari biaya administrasi  tidak memerlukan pembayaran atau pengeluaran kas, seperti misalnya biaya depresiasi dari aktiva tetap yang ada di lingkungan Bagian Administrasi Umum.

C.     DATA DAN INFORMASI UNTUK MENYUSUN BUDGET BIAYA ADMINISTRASI 

Data dan informasi yang diperlukan untuk menyusun Budget Biaya administrasi  antara lain :

1.      Rencana penjualan yang tertuang dalam budget penjualan. Khususnya tentang kuantitas dari masing-masing jenis barang yang akan dijual  dari waktu-ke waktu yang akan datang. Hal ini disebabkan karena kegiatan  penjualan termasuk salah satu kegiatan yang dicatat dan diadministrasikan oleh bagian umum administrasi Perusahaan.

2.      Rencana produksi yang tertuang dalam budget unit yang akan di produksikan, khususnya tentang jumlah kuantitas  dari masing-masing jenis barang yang akan diproduksikan dari waktu ke waktu (bulan ke bulan) selama periode tertentu yg akan datang.

3.      Berbagai standar biaya-biaya yang termasuk dalam kelompok Biaya Administrasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Standar-standar biaya semacam  ini sangat diperlukan oleh perusahaan, untuk mengendalikan efisiensi kerja para karyawan(controlling).  Standar biaya-biaya yang termasuk dalam kelompok Biaya Administrasi ini dihimpun menjadi satu dalam suatu anggaran variable (variable budget) bersama-sama dengan standar-standar biaya  yang termasuk dalam kelompok Biaya Pabrik Tidak Langsung.

4.      Sistem pembayaran upah (gaji) yang dipakai oleh perusahaan, khususnya upah yang dibayarkan kepada karyawan di Bagian Administrasi Umum.

5.      Metode depresiasi yang dipakai oleh perusahaan, khususnya depresiasi terhadap Aktiva  Tetap pada bagian Amnistrasi Umum.

6.      Metode alokasi biaya yang dipakai oleh perusahaan untuk membagi (distribusi) biaya-biaya yang semula merupakan satu kesatuan  biaya bersama(joint cost) ke dalam kelompok-kelompok biaya sesuai dengan tempat dimana biaya itu terdapat atau terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s